Selasa, 18 Maret 2014

YUSRAN DARMAWAN: JENIUS YANG MEWUJUDKAN MIMPI


By. Nani Cahyani
Kak Yusran Darmawan dan Ibu Margaret Neate
      

Memulai kisahku ini rasanya seperti memutar arah jarum jam mundur kebelakang karena sosok kakak dan sekaligus kawan ini telah membuktikan bahwa apa yang kita inginkan pastilah terwujud. Entah mengapa ketika mencoba menceritakan kakak ini saya seperti melihat kotak kotak indah kecerdasan yang tak pernah berhenti memancarkan cahaya keindahan pengetahuan, membaca tulisan-tulisan diblognya serasa saya ikut larut dalam alur cerita yang disampaikannya dengan bahasa sederhana namun cerdas karena menurut hematku saat menulis seharusnya mengalir natural sederhana namun yang teramat penting pesan tersampaikan.
            Kakak ini bernama Yusran Darmawan, saya mengenalnya sejak saya bersekolah di SD Negeri 2 Ngangana Umala kota Baubau, dan kebetulan kakak kedua dikeluargaku kak Aslan bersahabat dengannya sejak SD hingga keperguruan tinggi di Unhas. Kak Yusran Darmawan dan Kak Aslan pernah sama-sama mewakili  provinsi Sulawesi Tenggara  pada perlombaan Lomba Cerdas Cermat P4 tingkat nasional dijakarta. P4 akronim dari Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Perlombaan cerdas tangkas P4 ini dikenalkan pada masa pemerintahan presiden Soeharto, yang tujuannya meningkatkan kesadaran generasi muda untuk menghayati pancasila dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
           Kak Yusran, sosok yang cerdas.  Menjaga semangat yang dimilikinya. Hingga  berhasil melanjutkan studinya diAmerika. Dia juga mengenalkan saya dengan dunia menulis diblog .  Jujur  dulunya saya tidak ada keinginan sama sekali untuk menulis dikarenakan saya berfikir tak punya bakat, disertai rasa malas, dan tak punya ide untuk menulis. Pikiran pikiran yang mematikan energi positifku. Hingga suatu ketika, saya membaca komentar Kak Yusran diblogku "mana tulisan terbaru?" singkat tapi kumaknai positif tentang hadirkanlah keinginan untuk menulis:).
            Ide-ide menulis mengalir seperti tak berkesudahan dibenak seorang kak Yusran. Saya memuji keindahan kata-kata yang ditautkannya menjadi rangkaian indah. Sangat pantas menurutku jika kak Yusran berhasil menjadi penulis terbaik dikompasiana karena beberapa tulisannya menjadi headline di web kompasiana. Membaca tulisan-tulisan seorang Yusran Darmawan bagiku lebih pada pelajaran tentang merawat semangat untuk terus tekun menulis, tentang bagaimana menginspirasi orang lain mencoba menjadi lebih baik dengan beropini,  membuka cakrawala berfikir dengan peka pada sekeliling dan yang terpenting seorang kak Yusran adalah jenius yang berhasil menaklukkan Amerika dan mewujudkan mimpi. Terus berkarya Kak Yusran, dan terus semarakkan pulau Buton yang eksotik pada seluruh penjuru dunia lewat tulisan. Seperti yakinku bahwa impian hanya tinggal menunggu waktu terwujudkan ketika kita menjaga dan merawat impian dengan kerja keras, keyakinan, dan doa-doa yang terus.

Bermimpilah karena semesta menangkap gerak hati dan pikiran, hingga Tuhan terhadirkan dalam pengharapan dan doa.

Tulisan ini terinspirasi dari Kak Yusran Darmawan, selamat kakak untuk buku terbarunya “KOPI SUMATERA DIAMERIKA penulis Yusran Darmawan”.  

Kunjungi blog kak yusran: timurangin@yahoo.com

           Langit Makassar, 18 Maret 2014

1 komentar:

  1. bang yusran darmawan merupakan salah satu inspirator bagi saya juga bu dalam belajar menulis, hentakan jari pada laptop dan pena menggoda kita untuk terus mengekspresikan diri dan dunia lewat tulisan

    BalasHapus